Kamis, 20 April 2017

Kecerdasan Emosi tidaklah sama dengan Kecerdasan Intelektual. Jika keduanya adalah planet, mereka bahkan sama sekali tidak sama pada tata surya kita. Orang yang memiliki kecerdasan emosional banyak yang tidak sadar bahwa mereka memiliki perbedaan dari kebanyakan orang lainnya. Berikut adalah 12 tanda bahwa emosional kamu cerdas. Cekidot!



1. kamu kagum terhadap orang yang tangguh

kamu tidak hanya tertarik pada apa yang terjadi pada kehidupan orang sukses, tapi apa yang membuat mereka tangguh. kekagumanmu pada jalan hidup mereka membantumu memahami tanda-tanda sosial dan memotivasi orang-orang agar tidak menyerah pada hidup. Saat kamu belajar banyak tentang orang-orang di sekitar, kamu jadi menyadari apa yang membuat setiap dari mereka itu berbeda dan spesial.


2. kamu waspada terhadap kekuatan dan kelemahanmu

dukhabar.com

setiap orang memiliki kapasitas untuk membuat hidupnya lebih berarti, tapi banyak juga orang yang tidak benar-benar tau apa yang membuat mereka jatuh, dan sebagai hasilnya, mereka masih diperbudak oleh kelemahan mereka sendiri. kamu lebih mengetahui dirimu sendiri dari siapa pun. memahami kelemahan adalah kunci untuk memainkan kekuatanmu. dan seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi tau caranya menganalisa bakat mereka dan apa yang perlu dikembangkan. 

3. kamu berdamai dengan masa lalu

hidup terlalu singkat untuk berada dalam penyesalan. saat kamu melepaskan pikiranmu pada hal yang memberatkan, maka tak ada hal yang membatasi potensimu. dan kamu pun menjadi lebih dewasa. 



4. kamu tidak gelisah terhadap masa depan
ada banyak hal yang harus kita kendalikan tapi justru menjadi sebuah perbandingan terhadap hal yang tak bisa kita kendalikan. tidak ada yang bagus dari kekhawatiran tentang hal yang tidak bisa kendalikan. ini hanya membuang waktu dan tenaga yang hanya akan menimbulkan stres. orang yang emosinya cerdas akan mengambil tindakan alih-alih cerewet dan membuang kesempatan karena mengkhawatirkan masa depan.


5. kamu menikmati apa yang terjadi hari ini

hidup terus berjalan, dan itulah kita harus menikmatinya. orang yang kurang cerdas emosinya sering tidak bahagia karena dihantui oleh masa lalu dan masa depan. kepuasan sejati berasal dari rantai tunggal kehidupan yang membuat tiap hari menjadi berkah.


6. kamu pendengar yang baik

seseorang dapat mendengar pohon rubuh atau klakson mobil, tapi pada saat mendengar suara seseorang, kita seolah tuli. Salah satunya karena kita terlalu sibuk dengan dunia kita. tidak ada yang perlu diberi tahu bahwa mendengarkan adalah sifat penghubung dasar antar manusia. hal sama yang membuatmu tertarik pada orang yang tangguh, membuatmu menjadi seorang pendengar efektif yang lebih dari sekedar mendengarkan orang lain berbicara.


7. kamu bisa mencari tahu kenapa kamu bisa kesal

nampaknya ketika kamu kesal, banyak orang yang siap bilang padamu apa yang salah. Negatif semacam itu tidak membuat siapa pun di mana pun dan orang yang cerdas secara emosional tahu apa masalahnya tanpa rentetan kenegatifan. Memahami apa yang menjadi masalah adalah langkah pertama dalam proses (terkadang panjang) untuk menemukan solusi.


8. kamu nyaman berbicara dengan teman dan orang asing

kita semua manusia. Orang yang cerdas secara emosional tidak terpaku pada apa yang membuat kita berbeda, sebaliknya mereka berfokus pada apa yang membuat kita sama. Itu berarti bahwa ketika berbicara dengan teman dan orang asing, ada sedikit rintangan dan percakapan bisa mengalir ke tempat yang lebih bermakna. Begitulah persahabatan, dan persahabatan sejati yang pernah Anda dengar begitu banyak terbentuk.

9. kamu bersemangat untuk menawarkan bantuan

Orang yang cerdas secara emosional mengerti bahwa kesopanan dan ketenangan adalah hak semua orang. Sikap sederhana atau tindakan kebaikan dapat memiliki efek mendalam, terkadang lebih dari yang bisa kita ketahui. Orang-orang yang secara emosional kuat tidak melihat uluran tangan sebagai kelemahan, melainkan mereka melihatnya karena apa adanya: orang-orang membantu orang-orang.



10. kamu bisa membaca seseorang layaknya buku

bagaimana kamu bisa memahami orang lain jika kamu tidak memahami dirimu sendiri? orang-orang yang secara emosinalnya cerdas, mereka memahami diri mereka sendiri. saat pintu diri dari seseorang terbuka, ada banyak perasaan yang tak terungkapkan yang terkadang mereka sembunyikan dari orang lain. Postur, sikap, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh bukanlah misteri bagi seseorang yang sadar akan dirinya sendiri.


11. kamu tegas untuk mewujudkan keinginanmu

kamu tau apa yang membuatmu kuat dan itulah mengapa kamu akan berusaha memenangkan apa yang kamu inginkan. kekuatan emosional dan kemawasan diri adalah dasar yang kuat untuk meluncurkan dirimu ke angkasa. maupun di rumah, kantor, bekerja pada proyek, kamu tau apa yang pantas untukmu dan kamu takkan istirahat sebelum sukses.




12. kamu termotivasi oleh alasan dalam dirimu sendiri

cahaya dalam pancaran motivasi adalah kejadian biasa. awal Tahun Baru banyak orang bersumpah bahwa tahun ini adalah tahun dimana mereka menurunkan berat badan atau membuat ombak di tempat kerja. mengulangi Tahun Baru Berikutnya. Orang dengan kecerdasan emosi kuat termotivasi sendiri. Mereka menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri, bukan untuk orang lain, dan motivasi mereka berasal dari dalam.


Artikel ini merupakan terjemahan dari Daily Entertainment, 15 Signs That You Are Emotionally Intelligent. Untuk artikel asli silakan klik di sini 



0 komentar: