Jumat, 04 November 2016





1. Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer adalah definisi dari...
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Komputer
e. Salah Semua 
(Note: Jawaban yang benar Antarmuka Manusia dan Komputer)


2. Bagian yang berfungsi menghasilkan informasi berdasarkan pengolahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma adalah definisi dari...
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Input
e. Salah semua


3. Media bentuk sederhana dialog antara manusia dan komputer yang kurang menarik karena berisi teks adalah...
a. Media animasi
b. Media gambar
c. Media GUI
d. Media aplikasi
e. Media tekstual


4. Bahasa pemrograman dibawah ini yang masih berbentuk teks hasil outputnya adalah...
a. C++
b. Visual Foxpro
c. Delphi
d. Visual Basic
e. Macro Media Flash


5. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer adalah...
a. Ergonomik
b. Psikologi
c. Sosiologi
d. Linguistik
e. Antropologi


6. Di bawah ini adalah piranti (alat) ouput pada perangkat keras (hardware) yaitu...
a. Keyboard
b. Bar Code Reader
c. Scanner
d. Mouse
e, Monitor


7. Di bawah ini adalah piranti (alat) input pada perangkat keras (hardware) yaitu...
a. Monitor
b. Speaker audio
c. Keyboard
d. Printer
e. LCD


8. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu...
a. Hardware, Software, Aplikasi
b. Brainware, Hardware, Software
c. Hardware, Brainware, Aplikasi
d. Aplikasi, Software, Brainware
e. salah semua


9. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware) disebut...
a. Hardware
b. Brainware
c. Komputer
d. Software
e. Sistem


10. Program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer seperti CPU dan Hardware masukan/keluaran adalah...
a. Ms-Windows
b. Ms-Excel
c. Ms-Access
d. Ms-Visual Basic
e. Ms-Visual Foxpro


11. Pada ragam dialog pengguna memberikan tanggapan atas prompt yang diberikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter perintah disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik


12. Pada ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk memenuhi kebutuhan disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik


13. Pada ragam dialog jika pengguna melakukan kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan kesalahan, disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan balik


14. Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu bentuk formulir di layar komputer berisi sejumlah pengisian data dan opsi (option) yang telah ditentukan adalh...
a. Form Filling Dialogue
b. Natural Language Interface
c. Programming Languange Dialogue
d. Dialogue Style
e. Command Line Dialogue


15. Beberapa perintah seperti DIR, COPY, FORMAT, PSSWD, WHO, VI, LS merupakan terdapat pada kategori ragam dialog...
a. Programming Languange Dialogue
b. Natural Languange Interface
c. Form Filling Dialogue
d. Command Line Dialogue
e. Salah semua


16. Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu objek pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency


17. Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency


18. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency


19. Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya pada prinsip desain interface disebut...
a. Direct Manipulation
b. WYSIWYG
c. Aesthetic Integrity
d. Explicit actions
e. Implied actions


20. Model yang digunakan dalam mendesain layout adalah, kecuali...
a. Berbasis dokumen
b. Berbasisi non dokumen
c. Utilitas
d. Non utilitas
e. benar semua


21. Gambar di bawah ini adalah jenis keyboard...


a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e. Keyboard Stenotype


22. Gambar di bawah ini adalah jenis keyboard...


a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e. Keyboard Stenotype 


23. Di bawah ini adalah jenis piranti perangkat keras pengambilan gambar terformat, kecuali...
a. Bar Code Reader
b. Image Scanner
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Optical Character Recognation (OCR)


24. Di bawah ini yang merupakan jenis piranti perangkat keras pengambil gambar tidak terformat adalah...
a. Bar Code Reader
b. Optical Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner


25. Yang termasuk kelompok dalam tombol pada papan ketik adalah, kecuali...
a. Tombol Fungsi
b. Tombol Kontrol
c. Alfabet
d. Tombol Alphanumerik
e. Tombol Numeric


26. Pemilihan ragam dialog dipengaruhi, kecuali...
a. Karakteristik populasi pengguna
b. Tipe dialog yang diperlukan
c. Kendala teknologi
d. Struktur dari data
e. Semua benar


27. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan antarmuka berbasisi teks, kecuali...
a. Ururtan penyajian
b. Kelonggaran
c. Pengelompokkan
d. Kesederhanaan
e. Kesesuaian dengan media


28. Untuk merancang program aplikasi spesial purpose software adalah...
a. User Centered Design
b. User Design Approach
c. Application Design Approach
d. Spesial Design Approach
e. Salah semua
(Note: Jawaban yang benar User Centered Design Approach)


29. Urutab pertama dalam perancangan tampilan adalah...
a. Perancangan format pesan
b. Perancangan struktur dialog
c. Pemilihan ragam dialog
d. Perancangan struktur data
e. Perancangan penanganan kesalahan


30. Pada perancangan program dimungkinkan program berhenti karena terjadi kesalahan yang disebut...
a. Error Program
b. Abnormal Terminator
c. Run Time Error
d. Syntax Error
e. Semua benar




4 komentar:

Belajar Gratis mengatakan...

haihai haiiii...makasih info soal2 utsnya kakak. ngomong2 smester berapa nih? boleh tau gak cara edit blog nya tuh bisa kren tampilannya . cantiklah kayak kakak

Enggar Tyastiwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nandia Akwila mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Enggar Tyastiwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.