Jumat, 25 November 2016

Siapakah Amazon?




Amazon adalah ras prajurit wanita dalam mitologi Yunani.
Amazon sering muncul dalam mitos Yunani dan Romawi meskipun tidak diketahui apakah mereka murni tokoh mitos atau tokoh nyata. Menurut mitos Yunani, Amazon memiliki sebuah kerajaan independen yang terletak di Turki.
Terdapat berbagai versi mengenai letak kerajaan Amazon namun biasanya dianggap berlokasi di perbatasan dunia yang dikenal.
Laki-laki tidak diizinkan tinggal di wilayah Amazon atau menikah dengan Amazon. Setiap tahun, Amazon akan kawin dengan anggota suku yang semua terdiri dari laki-laki, Gargarean, untuk mempertahankan populasi mereka.
Bayi laki-laki akan ditinggalkan, dibunuh, atau dikirim untuk dibesarkan oleh Gargarean. Amazon mengambil peran dalam berbagai kisah mitologi Yunani. Kisah yang paling terkenal adalah Perang Attic yang terjadi antara Athena dan Amazon.
Perang ini dipicu ketika Hercules mencuri korset ajaib milik ratu Amazon, Hippolyta, sebagai salah satu dari dua belas tugas yang harus ditunaikan Hercules. Hercules dibantu oleh Theseus yang kemudian menculik adik Hippolyta yang bernama Antiope.
Amazon lantas membalas dengan menyerang Attica di Yunani selatan, namun bisa dikalahkan oleh orang Athena. Penggambaran pertempuran ini, yang disebut amazonomachies, banyak mengilhami karya seni Yunani.
Dalam beberapa versi, Theseus lantas menikahi Antiope, sedangkan dalam versi lain menikahi Hippolyta. Dalam kedua versi, kisah tersebut adalah satu-satunya yang menyebutkan adanya Amazon yang menikah. Dari pernikahan, Theseus memiliki seorang putra bernama Hippolytus.
Bukti arkeologi menunjukkan bahwa mungkin pernah terdapat prajurit wanita yang hidup di Scythia, wilayah Eurasia utara Laut Kaspia. Makam prajurit wanita tercatat pernah ditemukan di daerah itu.
Karena warga laki-laki di daerah tersebut sering pergi berperang dalam waktu lama, para wanita diduga harus membela diri mereka sendiri yang akhirnya menjadi inspirasi bagi mitos tentang Amazon.[]

Lalu Siapakah Hippolyta?




Dalam mitologi Yunani, Hippolyta adalah seorang wanita perkasa yang memerintah Amazon, sebuah suku pejuang yang hanya beranggotakan wanita.
Amazon adalah sumber ketakutan dalam kebudayaan Yunani dengan banyak mitos menggambarkan mereka sebagai sangat kuat dan kejam.
Banyak versi cerita tentang Hippolyta yang memiliki akhir bertentangan. Misalnya, Hippolyta diceritakan dibunuh oleh orang yang berbeda mulai dari Theseus, putranya, Hercules, dan bahkan oleh pengawalnya, Penthesilea.
Beberapa ahli menyarankan bahwa “Hippolyta” mungkin mengacu pada beberapa wanita yang berbeda sehingga menjelaskan berbagai kisah yang berlainan.
Kebanyakan mitos sepakat bahwa Hippolyta adalah putri dewa perang, Ares. Ares memberi Hippolyta korset khusus untuk menandakan kekuasaan dan otoritasnya atas Amazon.
Sebagai pemimpin sebuah suku wanita yang dikenal kuat, Hippolyta terlibat dalam beberapa pertempuran, termasuk Amazonomachy, pertempuran legendaris yang berkecamuk antara Yunani dan Amazon.
Dalam banyak cerita, Amazonomachy dimaksudkan sebagai metafora untuk menggambarkan dominasi barbar atas kebudayaan Yunani.
Menurut satu versi cerita, Hippolyta pada satu titik diculik oleh Theseus. Hippolyta lantas melahirkan seorang putra bersama Theseus yang diberi nama Hippolytus. Sayangnya, Theseus ternyata kemudian tertarik dengan wanita lain.
Beberapa legenda menyatakan bahwa Hippolyta menerobos masuk ketika Theseus sedang mengikat janji dengan wanita yang hendak dinikahinya. Hippolyta bersumpah agar kesengsaraan dialami oleh semua yang hadir. Dia lantas terbunuh baik oleh Theseus atau tanpa sengaja oleh Amazon lain.
Hippolyta juga muncul dalam legenda tentang Hercules. Menurut cerita, Hercules diminta mengambil korset Hippolyta untuk diberikan kepada Admete, putri Eurystheus.
Ketika Hercules mencapai Amazon, Hippolyta begitu tertarik dengan Hercules sehingga menyerahkan korsetnya dengan sukarela. Mengetahui hal ini, Hera begitu marah untuk kemudian menyatakan kepada Amazon bahwa Hercules berencana mengelabui mereka. Berita dari Hera membuat para Amazon menyerang kapal Hercules.
Selama pertempuran, Hercules akhirnya berhasil membunuh Hippolyta untuk kemudian melanjutkan perjalanan.
Hippolyta dan Amazon merupakan karakter yang menarik dalam mitologi Yunani. Sangat mungkin bahwa suku wanita pejuang memang pernah ada sehingga menginspirasi orang Yunani untuk mengabadikannya dalam mitos dan legenda.[]


Artikel Asli Klik Di Sini dan Ini Juga
oya dan Ini Juga

0 komentar: