Jumat, 10 November 2017




1. Pendidikan kewarganegaraan berasal dari kata "pendidikan" dan kata "kewarganegaraan", ditinjau dari...
a. Yuridis
b. Historis
c. Etimologi
d. Terminologis
e. Sosiologis


2. Dimensi integrasi mencakup...
a. Sosial
b. Politik
c. Ekonomi
d. Budaya
e. Integrasi vertikal dan horizontal


3. Identitas nasional sebagai identitas bersama suatu bangsa dapat dibentuk oleh beberapa faktor yang meliputi...
a. Demokrasi
b. Primordial, sakral, tokoh, bhineka tunggal ika, sejarah, perkembangan ekonomi dan kelembagaan
c. Monarki
d. Serikat
e. Kesatuan


4. Beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibuatkan atau diberikan melulu oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain mana  pun yang pada prinsipnya dapat dituntun secara paksa oleh yang berkepentingan, adalah...
a. Kuasa
b. Wajib
c. Hak
d. Wenang
e. Layak


5. Pendidikan demokrasi pada dasarnya membangun...
a. Kesejahteraan
b. Individualisme
c. Kelompok
d. Kultur demokrasi
e. Keamanan


6. Pendidikan kewarganegaraan dimana pun umumnya bertujuan untuk membentuk warga negara yang baik (good netizen)...
a. Konsep pendidikan kewarganegaraan
b. Tujuan pendidikan kewarganegaraan
c. Definisi pendidikan kewarganegaraan
d. Rumusan pendidikan kewarganegaraan
e. Hakikat pendidikan kewarganegaraan


7. Dalam perkembangannya, tuntutan perubahan UUD NRI 1945 menjadi...
a. Mediasi
b. Konsiliasi
c. Penyelidikan
d. Negosiasi
e. Kebutuhan bersama bangsa Indonesia


8. Jenis-jenis integrasi mencakup...
a. Sosial budaya
b. Politik
c. Ekonomi
d. Iptek
e. Integrasi bangsa, integrasi wilayah, integrasi nilai, integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku


9. Secara ........... pendidikan kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
a. Historis
b. Etimologis
c. Terminologis
d. Yuridis
e. Politis


10. Konstitusi mempunyai materi muatan tentang...
a. Hukum Internasional
b. Perjanjian Internasional
c. Hukum Internasional
d. Hubungan Internasional
e. Organisasi negara, HAM, prosedur mengubah UUD, kadang-kadang berisi larangan untuk mengubah sifat tertentu dari UUD, cita-cita rakyat dan asas-asas ideologi negara


11. Secara ........... bentuk identitas nasional indonesia menjadi penciri atau pembangun jati diri bangsa indonesia yang meliputi bendera negara sang merah putih, bahasa indonesia sebagai bahasa nasional atau bahasa negara, lambang negara garuda pancasila, dan lagu kebangsaan Indonesia  raya...
a. Politis
b. Psikis
c. Privat
d. Historis
e. Sosiologis


12. Disintegrasi menyiratkan adanya...
a. Keterpecahan, pertentangan dan konflik
b. Keterpaduan, kesatuan dan kesepakatan atau konsensus
c. Sebagai alat peraturan pemerintah
d. Kehidupan yang dicita-citakan suatu bangsa ke depan
e. Pembaruan hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh


13. Pada awal era reformasi, adanya tuntutan perubahan UUD NRI 1945 didasarkan pada pandangan bahwa...
a. Naturalis, positivism
b. UUD NRI 1945 belum cukup memuat landasan bagi kehidupan yang demokratis, pemberdayaan rakyat, dan penghormatan terhadap HAM
c. Negara, tahta suci
d. Publik, privat
e. Negosiasi, mediasi


14. Hak adalah...
a. Rezim militer
b. Monarki absolut
c. Kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.
d. Kewajiban
e. Otoritarian


15. Peraturan, baik tertulis maupun tidak tertulis yang menentukan bagaimana lembaga negara dibentuk dan dijalankan, merupakan arti ....... konstitusi.
a. Tinggi
b. Lebar
c. Pendek
d. Sempit
e. Luas


16. Identitas nasional sangat penting bagis bangsa Indonesia karena...
a. Bangsa indonesia dapat dibedakan dan sekaligus dikenal oleh bangsa lain
b. Kongres kebudayaan 1918
c. Kongres bahasa indonesia I tahun 1938
d. Pembentukan intensif pasca kemerdekaan
e. Perjalanan panjang menuju Indonesia merdeka


17. Awal proses perubahan UUD NRI 1945 adalah...
a. Semakin sedikit prinsip dijalankan maka semakin demokratis negara tersebut
b. Semakin banyak prinsip dijalankan maka semakin tidak maju negara tersebut
c. Semakin banyak prinsip dijalankan maka semakin tidak demokratis negara tersebut
d. Pencabutan ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/1983
e. Semakin sedikit prinsip dijalankan maka semakin maju negara tersebut


18. Pengembangan integrasi dapat dilakukan melalui...
a. Model integrasi imperium majapahit, Model integrasi kolonial, dan Model integrasi nasional indonesia
b. Integrasi bangsa, Integrasi wilayah, Integrasi nilai, Integrasi elit-massa, dan Integrasi tingkah laku
c. Adanya ancaman dari luar, gaya politik kepemimpinan, kekuatan lembaga-lembaga politik, ideologi nasional, kesempatan pembanguan ekonomi.
d. Disintegrasi
e. Pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh


19. Wajib adalah...
a. beban untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan oleh pihak tertentu tidak dapat oleh pihak lain mana pun yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan.
b. Bentuk pemerintahan
c. Sikap hidup
d. Ideologi negara
e. Kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melulu oleh pihak tertentu dan tidak dapat oleh pihak lain manapun juga yang pada prinsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya.


20. Jenis-jenis integrasi mencakup...
a. Nation
b. Integrasi bangsa, integrasi wilayah, integrasi nilai, integrasi elit-massa dan integrasi tingkah laku
c. Kolonial
d. Bangsa
e. Persatuan hidup manusia


21. Dalam kamus besar bahasa indonesia, integrasi berarti...
a. Menguatkan
b. Bangsa sebagai persekutuan hidup manusia
c. Membangkitkan kesadaran
d. Pembauran hingga menjadi kesatuan yang bulat dan utuh
e. Membangun


22. Bendera negara indonesia, bahasa negara, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan...
a. Komunikasi
b. Kebangsaan
c. Proteksi
d. Identitas nasional
e. Kepentingan umum


23. UU RI No. 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan...
a. Kepentingan umum
b. Perkembangan ekonomi
c. Sejarah
d. Perkembangan kelembagaan
e. Identitas nasional


24. Pendidikan kewarganegaraan indonesia dilakukan pada tataran sosial kultural oleh para pemimpin di masyarakat yang mengajak untuk mencintai tanah air dan bangsa indonesia, secara...
a. Sosiologis
b. Demokratis
c. Analitis
d. Historis
e. Politis


25. Warga negara dalam kepustakaan inggris dikenal dengan istilah...
a. Onderdaan
b. People
c. Society
d. Nation-state
e. Civic


26. Hak dan kewajiban bersifat timbal balik, bahwa...
a. Berusaha menyelesaikan permasalahan regional
b. Berhak mengadakan hubungan dengan negara sedunia
c. Berhak untuk menyelesaikan persoalan dunia
d. Warga negara memiliki hak dan kewajiban terhadap warga negara, sebaliknya pula negara memiliki hak dan kewajiban terhadap warga negara
e. Memiliki pengaruh di kawasan internasional


27. Dalam demokrasi pancasila setiap musyawarah harus...
a. Mendapat persetujuan secara bulat oleh seluruh peserta
b. Dipimpin oleh akal sehat dan penuh rasa tanggung jawab
c. Dihadiri oleh seluruh peserta musyawarah selengkapnya
d. Berdasarkan pelaksanaan dan kebijakan nasional
e. Mendapat persetujuan dengan suara terbanyak


28. Awal proses perubahan UUD NRI 1945 adalah pencabutan ketetapan MPR RI Nomor IV/MPR/1983 tentang...
a. Referendum, pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden RI, dan ketetapan MPR mengenai HAM mengawali perubahan UUD NRI 1945
b. Demo dan krasi
c. Democ dan crasy
d. Dhemos dan Krotos
e. Demous dan Kretain


29. Hubungan pemerintah dan rakyat dalam konteks demokrasi pancasila...
a. Saat ini dipertahankan
b. Dipertahankan dan dilaksanakan secara konsekuen
c. Sebagai sumber informasi
d. Dilaksanakan secara konsekuen
e. Sedang dalam proses


30. Dalam konteks pendidikan kewarganegaraan, identitas nasional lebih dekat dengan arti jati diri yakni...
a. Rigid
b. Fleksibel
c. Permanen
d. Tertulis
e. Ciri-ciri atau karakteristik, perasaan atau keyakinan tentang kebangsaan yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa lain.